Isi Ulang Air Minum di Tumbler Kamu Yuk!

Isi Ulang Air Minum di Tumbler Kamu Yuk!

Bagi kamu yang akan ada di car free day dan membawa tumbler, maka tak perlu khawatir mencari tempat untuk mengisi ulang air minum kamu

Minggu, 25 Agustus pada acara Car Free Day di Jakarta, kami akan membuka tempat untuk mengisi ulang air minum di Tumbler yang di bawa siapa saja yang membutuhkan isi ulang air minum. Tepatnya di seputar dekat patung Sudirman. Tempat ini kami namakan STASIUN AIR.

“Indonesia kini sedang berada di dalam kondisi darurat sampah plastik. 70% persen saat ini ikan kita mengandung mikro plastik, jadi gambarannya kalau ada 10 ikan, 7 diantaranya di dalam perutnya mengandung mikro plastik,”

Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomar) bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan Gerakan Indonersia Bersih (GIB). Gerakan ini sebagai bentuk ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar setiap individu bisa bersama-sama untuk lebih peduli mengurangi produksi sampah dan mengelola sampah dengan baik.

Atas dasar informasi di atas, maka inspiranusa mencoba turut melakukan aksi nyata yang berkaitan dengan mengurangi sampah, terutama plastik dari bekas botol minum kemasan.

Minggu, 25 Agustus 2019 pada acara Car Free Day di Jakarta, kami akan turut membuka tempat untuk mengisi ulang air minum di Tumbler yang di bawa siapa saja yang membutuhkan isi ulang air minum, Tempat ini kami namakan STASIUN AIR.

MENGAPA ISI ULANG AIR MINUM?

Gerakan 1 Juta Tumbler sudah ada. Apabila masyarakat sudah membawa botol minum sendiri, maka pertanyaannya adalah; “Di mana mereka akan mengisi ulang air minumnya?” Kalau tidak ada tempat untuk mengisi ulang air minum (walaupun harus beli), maka tentu saja solusinya mereka akan membeli lagi botol minum plastik kemasan yang sekali pakai lalu dibuang. Dengan demikian sampah plastik akan tetap semakin menumpuk. Gerakan membawa botol minum (tumbler) sendiri tidak boleh terputus sebatas membawa tumbler. Dari berbagai pihak juga harus menyediakan fasilitas isi ulang air minum di berbagai titik tempat, walaupun berbayar tidak masalah, yang penting ada solusi isi ulang air minum di tumbler yang sudah digalakkan. Tentu saja, kalau berbayar tidak akan semahal harga air minum dalam botol plastik kemasan yang memuat ongkos produksi botol itu sendiri.

Pemerintah sudah waktunya untuk memikirkan bagaimana menyediakan fasilitas air layak minum (drinking water) di berbagai tempat umum.

TUJUAN KAMI

Sebelum banyak hadir berbagai titik tempat isi ulang air minum, maka inspiranusa turut berpartisipasi menggalakkan gerakan yang dinamakan STASIUN AIR, yaitu membuka fasilitas isi ulang air minum bagi pembawa tumbler. Gerakan ini masih sedikit yang memulai dan tentu harus bersama digalakkan. Kami tidak melayani isi ulang di botol plastik kemasan dan tidak menyediakan gelas sekali pakai, karena tujuan kami bukan menyediakan air minum, namun memasyarakatkan gerakan mengurangi sampah plastik, terutama sampah plastik dari botol minum kemasan.

SILAHKAN ‘COPY PASTE’

Apabila langkah mengadakan Stasiun Air ini berguna untuk memasyarakatkan gerakan mengurangi sampah plastik, terutama sampah plastik dari botol minum kemasan, silahkan bagi anda yang ingin mengadakan stasiun-stasiun air di berbagai tempat, maka anda dapat melakukannya. Mari kita mulai melakukan, sebagaimana mereka yang telah memulai melakukan gerakan ini sebelumnya.

Yuk Kita Saling Ketemu di Car Free Day Jakarta, Minggu 25 Agustus 2019

Stasiun Air Inspiranusaseputar Patung Sudirman – kami ada selama car free day tanggal 25 Agustus 2019

Kurangi sampah plastik dan mulai bawa tumbler sendiri untuk keperluan minum yaaaaaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *